( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

Plugin SEO untuk meningkatkan pengunjung

Jumat, Mei 11th 2018. Oleh jasmine

Plugin SEO kita mendengar atau membacanya pasti yang ada dipikiran kita adalah tool optimasi web untuk menaikkan pengunjung atau masuk halaman pertama Google. Jangan sampai salah dalam memahami fungsi dari plugin SEO, itu merupakan alat bantu waktu menulis artikel atau membuat konten yang bekualitas seperti jumlah karakter dalam judul posting, keyword yang kita bidik sebaiknya berapa kali harus di ulang dan tag deskripsi yang kita tentukan.

Dan bukan jaminan bisa masuk halaman 1 Google setelah install plugin SEO.

plugin seo di wordpress

Mari kita ulas apa saja yang ada di dalam plugin SEO

  1. Feature untuk mengisi judul dan tag deskripsi Homepage
  2. Menentukan keyword di web yang kita bangun
  3. Memudahkan kita untuk mengisi kode webmastertools seperti Google, Bing dll
  4. Mengatur judul post, page atau custom post yang lain beserta generate tag deskripsi dan keyword
  5. Generate sitemap XML beserta pengaturan apa saja yang akan di tampilkan di sitemap.xml seperti post, page, blog, gambar, taxonomi ( kategori dan tag )
  6. Opengraph untuk share ke media sosial seperti facebook, twitter dll
  7. Bahkan ada yang support untuk mengaktifkan fungsi Breadcrumb
  8. Edit file robots
  9. Convert konfigurasi dari plugin SEO yang lain
  10. Dan yang tak kalah penting ada pengaturan untuk noindex – nofollow

Dari sekian banyak fungsi yang disebutkan diatas apakah masih kita perlukan ?

Sebelum menjawabnya kita perlu mengetahui perkembangan update algoritma mesin cari yang sampai saat ini masih mendominasi. Untuk bahasan algoritma google silakan baca di Update algoritma SEO Google FRED supaya tidak salah paham.

Jika sudah membacanya mari kita lanjutkan bahasan mengenai plugin SEO

Untuk prioritas peringkat di google sudah mengabaikan tag keyword, anchor text ( masih dalam kajian seperti apa yang dimaksud ). Saat artikel ini ditulis Yoast SEO sudah menghapus fungsi tag keyword sedangkan All in One SEO masih menyediakan fungsi ini meskipun tidak default aktif, untuk mengaktifkannya ada keterangan ” tag keyword bukan prioritas bagi google “.

Dari pengalaman penulis google awalnya memberikan batasan jumlah karakter untuk tag deskripsi 160, dan dikurangi jadi 150. Setelah pihak Google mempertegas lagi perihal pemeringkatan di mesin carinya akan mengabaikan tag keyword dan pemakain anchor text, maka jumlah karakter tag deskripsi sekarang di perbesar jadi 320.

Yoast SEO dan All in One SEO juga merubah untuk fungsi generate deskripsi jadi 320 karakter, terus kita pilih yang mana ?

Kalau sekarang dalam hal ini PENULIS tidak lagi menggunakan Plugin SEO karena :

  • Untuk judul dan deskripsi ( tag line ) home page sebenarnya wordpress sudah ada tinggal kita maksimalkan
  • Judul posting bisa dirubah atau custom tinggal ganti aja misal nambah kata dari yang sebelumnya, tapi permalinknya jangan diganti biar tidak muncul “url not found”
  • Kita buat sendiri file robots.txt dan tentukan apa saja yang tidak diperbolehkan dirayapi mesin cari, Update ! konfigurasi menggunakan robots.txt adalah cara lama, tidak usah buat konfigurasinya, Google menyarankan beralih ke pemakaian tags  rel=”nofollow” karena file robots dengan perintah “disallow” akan memerintahkan menghentikan crawl mesin perayap yang mengakibatkan muncul error index di search console .
  • Penggunaan sitemap.xml bisa pakai plugin kusus untuk sitemap.xml aja atau kalau mengerti koding tinggal buat scriptnya, saran pakailah plugin “Google XML Sitemap“.
  • Tag deskripsi pada umumnya mesin cari baik google, bing atau lainnya punya cara sendiri dalam melihat isi konten untuk menentukan peringkat di mesin carinya
  • Penggunaan plugin SEO sedikit banyak juga membebani server karena fungsi auto generate sistem kerja plugin. Kenapa ? ya di fasilitas force rewrite title, fungsi analisa konten dan generate deskripsi secara realtime
  • Ketergantungan dengan pihak ke tiga dalam hal ini pembuat plugin

Lalu bagaimana kalau masih menggunakan plugin SEO ?

Penulis memberikan saran atau tips sebagai berikut :

  • Sebelum memilih plugin SEO kenali lebih dahulu themes atau templete yang dipakai ada fasilitas apa saja biar tidak dobel fungsi
  • Jika sebelumnya sudah install plugin jangan mudah ganti dengan yang lain karena konfigurasi sudah tersimpan di database web, belum tentu sistem kerjanya sama antara yang lama dengan yang akan menggantikan meskipun sudah convert konfigurasi karena butuh waktu minimal 2 minggu untuk perubahan peringkat di mesin cari akibat peralihan plugin.
  • Rutin ikuti update algoritma Google dan lakukan seting ulang
  • Jika ada pemberitahuan update baca dulu apa saja perubahannya jangan buru-buru di update. Utamakan update mengenai bug atau security dan amati sampai 2 minggu jika tidak ada pemberitahuan release update lagi dan dirasa penting dengan perubahan/perbaikan yang dimaksud baru update pluginnya.

Sekian dulu pembahasan mengenai plugin seo, jika ada perkembangan akan kami update.

Semoga artikel ini bisa membuka wawasan baru bagi para pembacanya.

Wassalam,

UPDATE !!! sehari setelah artikel ini di publish besoknya tanggal 12 Mei 2018 terdeteksi GOOGLE mengembalikan tag deskripsi ke 160 karakter lagi.

Kita lihat aja, apakah beberapa plugin seo akan merubah jumlah karakter di tag deskripsi !

  • Tanggal 17 mei 2018 Google kembali merubah jumlah karakter tag deskripsi jadi 320
  • Sepertinya Google mengacak jumlah karakter tag deskripsi bisa 4 hari sekali atau seminggu sekali berubah-ubah antara 160 atau 320 karakter, masih belum tahu apa maksudnya rutin dirubah tiap 4 hari sekali kadang seminggu sekali. Apakah tujuannya untuk mendeteksi deskripsi yang type auto generate atau yang di isi secara tetap, atau mendeteksi update konten? untuk seleksi di sistem peringkat dari Google.
  • Tanggal 23 mei 2018. Apa kabar para pembaca yang setia mengikuti update dari artikel ini. Dari analisa sebelumnya sekarang semakin jelas mengenai pengacakan tag deskripsi, jadi google dalam menampilkan tag deskripsi punya cara sendiri meskipun sudah ditentukan tag deskripsi oleh blogger / penulis. Sehingga tampilan tag deskripsi di mesin cari google berbeda dengan yang kita tentukan ( meskipun pake bantuan plugin SEO ) hasilnya bisa beda. Kesimpulannya TERBUKTI bahwa Konten adalah raja, lebih baik fokus ke isi konten dari pada repot2 seting optimasi tag deskripsi.
  • Jadi dengan Update Algoritma Google terbaru kita tidak bisa memaksa mesin cari untuk menampilkan tag deskripsi yang kita tentukan ( diisi secara manual ), kalaupun ada kemungkinan itu tampilan dari cache yang lama.
  • 8 juni 2018. Perkembagan meta deskripsi dari mesin cari Google akhirnya kembali ke 150 – 160 karakter, kita ambil tengahnya jadi 155 karakter. Dalam kurun waktu sampai dengan awal juni 2018 para developer software mesin cari terbesar saat ini melakukan uji coba untuk melihat hasil kerja dari algoritma terbarunya. Hal ini diperkuat dari komentar pengembang plugin All In One SEO yaitu Michaeltorbert di link mengenai Google reduced SERPs description length dan bahasan lain untuk Google Cuts Down Search Snippets By Half. Dari sini Perkiraan penulis dibuktikan dengan 2 link diatas yang saya dapatkan dari Release History plugin wordpress All In One Seo. Biarlah artikel ini menjadi catatan sejarah perkembangan meta deskripsi di mesin cari Terbesar hingga saat ini.

 

Tinggalkan Pesan